Bagaimana mempersiapkan ISO 9001:2000?

2 Apr
“Apa saja yang harus dipersiapkan bila saya ingin mengimplementasikan ISO 9001:2000 di perusahaan saya?, apakah butuh investasi dana yang besar?”Pertanyaan sederhana yang bisa saja menjadi dasar dari pelaksanaan ISO 9001:2000. Jawaban dari pertanyaan di atas sangat sederhana, tidak sesulit perkiraan kebanyakan orang. Dalam ISO 9001:2000 ada beberapa hal utama yang wajib dimiliki oleh perusahaan, yaitu :
  1. Proses Bisnis dan Diagram Interaksi antar Departemen.
  2. Kebijakan Mutu (Quality Policy).
  3. Sasaran Mutu (Quality Objectives).
  4. Panduan Mutu (Quality Manual).
  5. Prosedur.
  6. Instruksi Kerja.
  7. Form / Dokumen Kerja.
  8. Dokumen – dokumen Eksternal.

Delapan hal utama tersebut di atas harus dirumuskan terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahapan berikutnya, yaitu tahapan implementasi ISO 9001:2000. Kedelapan hal tersebut di atas harus terdokumentasi dan terkontrol dengan baik. Beberapa perusahaan, khususnya Industri Kecil Menengah (IKM), memiliki aturan main tersendiri namun belum terdokumentasi dengan baik. Pada beberapa IKM, aturan main yang berlaku masih berupa aturan lisan atau kebiasaan bekerja sehingga, dapat dikatakan, mereka belum memiliki satu acuan pasti atas suatu proses bekerja.Para pengusaha IKM yang berawal dari usaha skala kecil, yang biasanya berawal dari 5 – 10 karyawan lalu berkembang hingga puluhan bahkan ratusan atau bahkan ribuan, terkadang lupa bahwa usaha yang mereka rintis telah menjadi besar. Ketika suatu IKM berkembang dengan pesat maka hal ini merupakan satu sinyal bahwa harus ada aturan main yang baku dan harus disepakati oleh setiap karyawan. Jika terdahulu masih terdiri atas 5 – 10 orang, cakupan pemantauan pekerjaan masih dengan mudah dilakukan oleh seorang pemilik/perintis tetapi ketika sudah mencapai ratusan proses pemantauan akan sulit terutama bila belum memiliki acuan baku yang telah disebutkan tadi.Delapan hal utama, yang telah dipaparkan sebelumnya, merupakan alat bantu bagi pengusaha untuk tetap mempertahankan pola bekerja secara konsisten dan dapat memberikan kesempatan untuk terus melakukan koreksi (perbaikan) serta pengembangan yang berkesinambungan.

2 Responses to “Bagaimana mempersiapkan ISO 9001:2000?”

  1. priyanto 22/08/2009 at 4:15 PM #

    Salam Kenal Pak,
    Begini pak saya di berikan waktu 3 bulan oleh perusahaan untuk mendapatkan iso 9001:2001 atau yg sekarang 9001:2008 apakah mungkin dengan waktu sesingkat itu?
    Dimanakah saya bisa mendapatkan artikel atau cara penyusunan ke delapan hal utama sebuah perusahaan untuk mendapatkan ISO 9001:2008 seperti yang bapak sebutkan diatas?

    • zalvin 28/09/2010 at 4:43 AM #

      Jika yang dimaksud oleh manajemen perusahaan Bapak itu sertifikatnya, maka dalam waktu 3 bulan hanya untuk waktu penyusunannya saja Pak. Sedangkan untuk pendaftaran ke lembaga sertifikasi bisa memakan waktu yang sama, karena perlu melewati tahapan – tahapan proses pra-surveillance, surveillance, resolving findings, pra-audit, audit baru terakhir dinyatakan lulus / tidak lulus oleh badan sertifikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: